Kamis, 18 Juli 2013

TIPS MENJEMUR PAKAIAN EFEKTIF DI MUSIM HUJAN


Curah hujan yang tinggi selama Januari 2013 memiliki beberapa efek samping yang tampaknya kecil, tetapi cukup mengganggu untuk, urusan rumah tangga, salah satunya jemuran butuh waktu lama untuk kering. Karena hujan dan angin kencang, terkadang jemuran yang belum kering ini dimasukkan ke dalam rumah. Namun, cara ini ternyata berisiko terhadap kesehatan.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Mackintosh Environmental Architecture Research Unit di Glasgow School of Art menemukan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan dapat mengganggu kesehatan. Peneliti memaparkan tingkat kelembaban rumah sekitar 5-10 liter air udara. Menjemur pakaian di dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban kurang lebih 2 liter air atau sepertiga dari kelembaban pada hari biasa. Sayangnya, menurut salah seorang peneliti, Rosalie Menon, orang tidak begitu peduli mengenai banyaknya embun yang ditambahkan di udara.

Pakaian yang menggunakan pelembut kain juga perlu diperhatikan karena dapat melepaskan bahan-bahan kimia tertentu yang diduga dapat memicu kanker. Bahan-bahan kimia lain yang digunakan di dalam deterjen juga dapat mencemari udara. Jumlahnya meningkat seiring naiknya kadar uap air di udara.
Studi yang didanai Engineering and Physical Sciences Research juga menyebutkan saat menjemur pakaian di dalam ruangan, spora jamur yang beredar 300 persen lebih tinggi daripada kadar aman. Pada 25 persen rumah yang disurvei, peneliti menemukan spora jamur Aspergillus fumigatus dalam jumlah tinggi. Jaifnur ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Rumah yang lembab juga membuat pertumbuhan tungau debu yang dapat menyebabkan alergi dan serangan asma makin optimal.

Untuk memperkecil risiko kesehatan akibat menjemur pakaian di dalam ruangan, Anda dapat menyediakan tempat khusus untuk menjemur pakaian, misalnya halaman belakang atau balkon yang diberi atap.
Anda juga dapat memilih mesin cuci dengan sensor yang secara otomatis mematikan pengering jika pakaian sudah kering. Gunakan mesin yang memiliki putaran lebih cepat, idealnya sampai dengan 1.800 rpm. Mesin yang cepat berputar akan membuat air lebih cepat keluar dari pakaian. Agar lebih cepat kering, hindari melipat cucian saat menjemur. Usahakan semua permukaan pakaian terkena udara dengan menggantungnya di hanger. Pakaian kering, Anda sekeluarga pun sehat.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit