Kamis, 22 Agustus 2013

PILIHAN IDEAL TRANSPORTASI DI IBU KOTA

DI IBU KOTA, kereta menjadi pilihan banyak orang sebagai salah satu alat transportasi yang digunakan untuk bekerja. Kereta Rangkaian Listrik (KRL) Jabodetabek, misalnya, yang kini dikenal dengan sebutan commuter line melayani rute perjalanan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Serpong. Pasalnya, dalam sehari perjalanan commuter line mengangkut sebanyak 500.000 penumpang. Banyaknya para pekerja di Jakarta membual kereta menjadi pilihan yang dirasa paling tepat untuk mencapai tempat kerja dan kembali pulang ke rumah.

Diberlakukannya tarif progresif sejak awal Juli 2013 membuat harga tiket perjalanan commuter line makin terjangkau. Dengan harga yang terjangkau itu, penumpang pun bertambah. "Senang sih harga tiket jadi lebih murah dan kondisi di stasiun pun jadi lebih tertib, tidak semrawut. Akan tetapi, kesiapan PT KAI Commuter Jabodetabek dalam menjalankan sistem baru ini masih perlu dibenahi. Terlihat pada 1 Juli 2013 ketika tarif baru diberlakukan muncul masalah, seperti antrean panjang penumpang di pintu masuk dan keluar stasiun terjadi dan jadwal kereta telat sehingga banyak yang terlambat datang ke tempat kerja.

Sayangnya, sarana transportasi massal ini masih sering mengecewakan para penumpang meski telah terjadi pembaruan di sana-sini. Sejatinya yang diharapkan penumpang adalah kejelasan informasi. "Misalnya, ketika di tengah jalan kereta tiba-tiba berhenti lama, harusnya diberitahukan dengan jelas alasan kereta berhenti cukup lama. Selain itu, para penumpang menginginkan petugas KRL yang lebih ramah dan bergerak cepat tanggap ketika menghadapi aduan atau permintaan bantuan dari para penumpang. Penambahan gerbong kereta juga perlu dilakukan untuk mengurangi kondisi penumpang yang terlalu berdesak-desakan dalam satu gerbong.

Seharusnya dengan adanya keseriusan dari segiperbaikanfasilitasdanpelayanantransportasi massal ke arah yang lebih baik, masyarakat akan mengurangi intensitas, penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal. Jika hal ini dapat terwujud, kemacetan yang menjadi momok memusingkan bagi warga Ibu Kota dapat terurai secara bertahap dan pasti.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit