LOKOMOTIF uap
adalah kendaraan rel yang dapat bergerak sendiri dengan penggerak mesin uap
yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara,
atau minyak bakar. Lokomotif uap pertama di Indonesia mulai beroperasi pada
1867 seiring dengan pembukaan jalur kereta api yang pertama dari Stasiun
Semarang ke Stasiun Tanggung, Jawa Tengah sepanjang 26 kilometer. Lokomotif uap
tersebut bernomor seri NIS 1 dan N IS 2 buatan pabrik Borsig di Jerman.
Selanjutnya berbagai jenis lokomotif mulai didatangkan dari
Eropa dan Amerika. Lokomotif- lokomotif tersebut memiliki daya sampai 1.850
daya kuda, misalnya lokomotif uap terbesar di Indonesia yaitu DD52. Pada 1953,
lokomotif diesel mulai datang dan selanjutnya menggantikan lokomotif uap. Baru
sekitar tahun 1980, lokomotif uap tidak dioperasionalkan lagi, kecuali uatuk
kereta wisata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.