Kamis, 22 Agustus 2013

SEJARAH LOKOMOTIF UAP PERTAMA DI INDONESIA

LOKOMOTIF uap adalah kendaraan rel yang dapat bergerak sendiri dengan penggerak mesin uap yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara, atau minyak bakar. Lokomotif uap pertama di Indonesia mulai beroperasi pada 1867 seiring dengan pembukaan jalur kereta api yang pertama dari Stasiun Semarang ke Stasiun Tanggung, Jawa Tengah sepanjang 26 kilometer. Lokomotif uap tersebut bernomor seri NIS 1 dan N IS 2 buatan pabrik Borsig di Jerman.

Selanjutnya berbagai jenis lokomotif mulai didatangkan dari Eropa dan Amerika. Lokomotif- lokomotif tersebut memiliki daya sampai 1.850 daya kuda, misalnya lokomotif uap terbesar di Indonesia yaitu DD52. Pada 1953, lokomotif diesel mulai datang dan selanjutnya menggantikan lokomotif uap. Baru sekitar tahun 1980, lokomotif uap tidak dioperasionalkan lagi, kecuali uatuk kereta wisata.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit