Kamis, 22 Agustus 2013

TIPS TUBUH TETAP FIT PASCA MUDIK

Kalimat ini kerap ditulis pekerja kantor melalui akun media sosial atau aplikasi pesan instan blackberry messenger. Ujaran ini menyiratkan ia harus meninggalkan masa-masa liburan dan kembali menghadapi kenyataan yang merujuk pada rutinitas pekerjaan.

Kehadiran libur bersama yang dimulai beberapa pekan silam membawa keberuntungan bagi sebagian besar pekerja. Ada yang memanfaatkannya untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman atau menikmati waktu berkualitas di rumah bersama buah hati. Inilah yang dapat menyegarkan pikiran dan membangkitkan perasaan senang.

Sayangnya, efek samping liburan sering kali menyasar pada kondisi tubuh. Alih-alih masih ingin berlama-lama di kampung halaman, para pemudik rela memaksakan diri untuk kembali ke kota perantauan sehari sebelum jadwal masuk kerja. Alhasil, tubuh justru akan terasa lemas, pegal, dan linu ketika berada di kantor pada hari pertama masuk.

Selain minimnya waktu beristirahat, salah satu penyebab tubuh pegal-pegal adalah sikap tubuh yang salah selama perjalanan mudik. Misalnya saja, Anda duduk terlalu membungkuk saat berada di balik kemudi mobil. Sementara itu, para pengguna moda transportasi kereta api maupun bus malam lalai melakukan olahraga ringan dengan merenggangkan otot-otot selama perjalanan.

Untuk mengatasi rasa pegal dan nyeri, Anda dianjurkan mengistirahatkan bagian tubuh yang sakit. Kompres bagian tersebut dengan kantong atau botol berisi air hangat sekitar 15 menit selama 1-2 kali sehari. Apabila masih bisa dapat diatasi sendiri, Anda dapat menggunakan obat-obatan yang membantu meredakan gejala nyeri dan pegal. Ingin cara yang lebih alami? Manfaatkanlah bahan-bahan herbal yang murah, mudah dicari, dan praktis diolah seperti jahe, daun sirsak, dan kacang hijau.

Kendala lain yang sering terjadi ketika tubuh terlalu lelah adalah sulitnya tidur nyenyak. Agar tubuh menjadi lebih fresh dan lelap beristirahat, Anda dapat membuat racikan alami dengan bahan utama jeruk nipis yang dikolaborasikan dengan jahe dan madu.

Siapkan 2 sendok teh sari buah jeruk nipis, 1 sentimeter jahe yang dimemarkan, dan 1 sendok makan madu asli. Bahan-bahan tersebut dilarutkan dalam 200 mililiter air hangat. Pengaruh ramuan ini akan lebih terasa jika diminum setelah mandi dan menjelang tidur. Esok hari, tubuh akan terasa lebih segar dan tetap fit meski rutinitas kembali padat.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit