Kamis, 22 Agustus 2013

MENGENAL SUPER KOMPUTER MILIK CINA (TIANTHE – 2)

Menurut laporan TOP500. org yang diumumkan di International Supercomputing Conference, Leipzig, Jerman (17/6), China menjadi pemilik superkomputer terhebat di dunia. Gelar ini membuat negeri Tirai Bambu berhasil menggeser Amerika Serikat ke urutan kedua. China terakhir kali meraih posisi ini pada November 2010 melalui Sistem Tianhe-1A.

Sekadar informasi, komputer super atau dikenal dengan istilah high- performance computing/ H PC adalah rangkaian sistem berkinerja tinggi yang mampu melakukan komputasi dan kalkulasi dalam jumlah besar dengan waktu yang cepat. Kalau komputer biasa dapat melakukan berbagai tugas, HPC pada umumnya dirancang untuk mengerjakan suatu fungsi atau tujuan khusus, misalnya penelitian cuaca atau iklim.

Tianhe-2 merupakan penerus Tianhe- 1A yang didapuk sebagai komputer super tercepat dunia saat ini. Di balik Tianhe-2, tersimpan kekuatan dahsyat. Dapur pacunya diisi 32 ribu prosesor Intel Xeon E5-2692 2,2 GHz (ivy bridge) dan 48 ribu prosesor Intel Xeon Phi 31S1P 1,1 GHz. Tiap prosesor Xeon E5 memuat dua belas core dan tiap Xeon Phi memuat 57 core sehingga sistem ini memiliki total 3,12 juta core.

Hasilnya, catatan menakjubkan ditorehkan Tianhe-2. Pada uji benchmark Unpack, Tianhe-2 dapat melakukan perhitungan yang luar biasa, yaitu 33.862 petaflop per detik dari kemampuan maksimal secara teoretis sebesar 54.902 Pflops. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi daripada catatan sistem .Titan milik Departemen Energi Amerika Serikat.

Tianhe-2 saat ini masih dalam tahap uji coba setelah selesai dibangun dua tahun lebih cepat daripada target semula pada 2015. Tianhe-2 dibangun oleh tim dari National University of Defense Technology China. Tianhe-2 nantinya akan ditempatkan di National Supercomputing Center, Guangzhou, China.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit