Kamis, 22 Agustus 2013

TIPS MENGENALI SIDS PADA BAYI

SIDS adalah kematian mendadak seorang bayi yang kelihatannya sehat. Dari berbagai literatur kesehatan ditemukan kesamaan bahwa SIDS paling banyak terjadi pada bayi berusia dua dan tiga bulan. Sindrom ini lebih banyak menimpa bayi laki-laki ketimbang bayi perempuan, dan biasanya lebih sering terjadi selama cuaca dingin.

Sayangnya, hingga kini penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti. Kadang kala, bisa terjadi pada bayi yang baru saja mengalami selesma ringan. Akan tetapi, SIDS lebih sering terjadi tanpa ada gejala-gejala abnormal sebelumnya.

Kendati penyebabnya tetap sukar dipahami, perlahan tapi pasti para ahli kesehatan menemukan sebuah benang merah. Terdapat fakta baru yang menerangkan bahwa bayi yang berisiko tinggi terkena SIDS mencakup para bayi prematur atau berberat badan lahir rendah, bayi dengan orangtua perokok aktif atau pemakai obat-obatan terlarang, dan bayi yang memiliki saudara kandung meninggal karena SIDS. Bayi yang sempat berhenti bernapas dan kemudian diberi bantuan pernapasan buatan, serta bayi yang memiliki skor Apgar rendah sewaktu lahir juga rentan terhadap risiko SIDS.

Untuk membantu mengurangi risiko ini, ada beberapa anjuran yang dapat dipraktikkan, seperti menidurkan bayi dalam posisi terlentang, bukan tengkurap. Kemudian, sebaiknya bayi tidur di atas kasur yang keras. Hindari untuk menggunakan lapisan kasur yang tebal dan lunak. Pasalnya, bahan yang terlalu empuk hanya bisa membuat bayi "terbenam" dan sulit bernapas.

Faktor lain yang dipercaya mengurangi risiko SIDS adalah dengan rutin memberikan ASI eksklusif. Selain itu, ciptakanlah kondisi lingkungan bebas asap rokok bagi bayi.

Tidak lupa, cobalah untuk menciptakan lingkungan hangat yang sama dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merasa nyaman dan pas dengan suhu ruangan, idealnya bayi juga merasa nyaman.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit