Senin, 09 September 2013

PERLEMBANGAN UANG DARI MASA KE MASA

Barangkali, benda paling kontroversial di muka bumi adalah uang. Sebab, kebaikan dan kejahatan bisa sama- sama atas nama uang. Saking vitalnya fungsi uang, orang dapat rela melakukan apa saja demi mendapatkannya, liang telah mengalami berbagai episode sejarah yang amat panjang. Berikut beberapa zaman perkembangan uang.
Uang Logam
Sistem barter yang Kemudian melahirkan banyak kerepotan mendorong masyarakat untuk bersepakat tentang alat pembayaran yang lebih pasti Alat pembayaran ini harus mem Itki rilai yarg tetap, mudah dibawa, berlaku untuk semua jenis barang, dan tidak mudah rusak.
Kesepakatan ini kemudian mengantarkan masyarakat pada masa itu pada uang. Kehadiran uang tidak serempak. Setiap komunitas masa lampau memiliki kesepakatan masing-masing. Diyakini, pada masa awal kelahirannya, logam menjadi barang berharga yang dapat mewakili syarat-syarat uang Di samping itu, logam bisa dibentuk sesuai kesepakatan masyarakat saat itu dan bisa dibawa dengan mudah.
Dalam perkembangan selanjutnya, tatkala kerajaan-kerajaan mulai bermunculan, para penguasa menegaskan kekuatannya dengan mencetak wajah atau lambang kerajaan pada sisi-sisi uang. Logam-logam yarig lebih berharga, sepert emas, perak, dan perunggu juga semakin banyak digunakan untuk bahan baku uang. Bentuk uang sendiri beragam, semisal lonjong, segitiga, atau kotak.
Uang Kertas
Meskipun dibuat dari emas, uang logam ternyata bisa membuat repot. Contohnya, saat bertransaksi dalam jumlah besar, uang logam bisa menjadi amat berat. Selain itu, logam sebagai bahan baku uang juga terbatas. Oleh sebab itu, masyarakat melakukan konsensus kembali untuk menciptakan uang yang lebih mudah dibawa dan nilainya bisa dibuat lebih variatif. Kertas lalu dipilih menjadi bahan pembuatan uang. Di masa kini, kertas yang digunakan sebagai bahan uang harus memenuhi beberapa syarat, misalnya tidak mudah sobek saat basah dan tidak mudah kusut.
Uang Elektronik
Sekarang kita tak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai. Sejak lembaga keuangan menerbitkan kartu ATM debit dan prabayar, banyak transaksi dapat dibereskan tanpa uang tunai. Kita hanya perlu menyetorkan sejumlah uang sekali waktu dan memakainya dengan menggesekkan kedua kartu tadi. Sisteni pembayaran ini teknologi informasi dan jaringan elektronik yang kompleks. Uang ini kemudian dikenal dengan uang elektronik.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit