Senin, 09 September 2013

TIPS BERWISATA KE LABUAN BAJO

Menatap "teater alam" Nusantara tak akan pernah ada habisnya, ada saja lakon-lakon anyar tercipta yang kemudian menggoda dan memaksa kita untuk berucap dalam hati, "aku akan menghampirimu." Dari seabrek destinasi wisata yang tersimpan di negara kepulauan ini, tiga titik surga penuh sensasi berikut ini patut Anda nikmati.
Mamasa
"WEST Tana Toraja". Inilah julukan bagi daerah yang memiliki luas 275 kilometer persegi yang didiami sekitar 135 ribu jiwa. Kabupaten yang terletak di Sulawesi Barat ini begitu indah karena berada di tengah dinginnya lembah Mamasa. Obyek wisata yang dapat dinikmati di antaranya Gereja Tua Tawalian. Bangunan ini merupakan bukti akulturasi budaya umat Kristiani yang berbaur dengan penganut kepercayaan Aluk Todolo. Bangunan yang didirikan zending Belanda pada 1929 ini memiliki dinding dan mimbar berhias pahatan khas Mamasa yang menarik. Desa Tanete dan Nosu juga mempunyai keunikan tersendiri. Di Desa Tanete wisatawan dapat melihat berbagai macam kain tenun dan pahatan berkualitas dengan harga menarik. Sementara itu, Desa Nosu wajib disambangi karena mempunyai keindahan air terjun yang luar biasa.
Labuan Bajo
ISU Kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini konon awalnya dihuni para pendatang dari Sulawesi. Hai ini terlihat dari arsitektur rumah yang masih menampilkan karakter masyarakat Sulawesi, yakni rumah kayu panggung yang dilengkapi dengan bubungan di atap depan. Obyek wisata di Labuan Bajo di antaranya Teluk Labuan Bajo dan Gua Batu Cermin. Di Teluk Labuan Bajo wisatawan dipertontonkan ratusan perahu dengan berbagai jenis tengah berlabuh. Panorama yang dipancarkan terlihat cantik berkat pulau-pulau kecil yang mencuat di beberapa titik. Sementara itu, di sisi selatan teluk terdapat Kampung Air yang dihuni warga pendatang. Berada 4 kilometer di sebelah timur kota, Gua Batu Cermin merupakan kediaman bagi para kelelawar. Setiap fajar tiba, sinar Sang Surya mampu menembus relung dan memproduksi pemandangan mengesankan. Ada pula Bukit Waringin yang dapat dijadikan tempat untuk menyaksikan panorama indah Labuan Bajo. Sore hari saat cahaya jingga bersinar di ufuk barat adalah momen tepat menikmati suguhan tersebut.
BIRA
TERLETAK di Kecamatan Bontobahari, Bira tebih terkenal dari nama kecamatan tersebut, Desa ini terkenal berkat tanjung yang elok serta pantainya yang berpasir putih. Selain itu. daerah ini tersohor berkat industri pembuatan perahu pinisi yang visualnya tergambar pada lambang daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Pantai Bira Barat dan Timur merupakan obyek wisata menarik yang mampu memesona pengunjung. Pantai Bira Barat memiliki fasilitas terbilang lengkap, mulai dari penginapan, rumah makan, hingga penyewaan speedboat bagi wisatawan gemar snorkeling.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit