Jumat, 06 September 2013

TIPS CARA MENGHADAPI MENOPAUSE

Banyak perempuan yang akhirnya mengalami kecemasan lebih besar dari biasanya karena berbagai ketidaknyamanan yang dirasakan oleh tubuh. Kecemasan ini akhirnya tergeneralisasi ke banyak hal yang dapat berpengaruh negatif. Setidaknya ada tiga hal yang dapat diperhatikan bagi setiap perempuan dan orang-orang di sekitarnya yang memasuki masa menopause.

Cari informasi dan ketahui proses biologis alamiah yang terjadi dalam tubuh pada setiap fasenya. Hal ini akan membantu perempuan memahami, menghadapi, sekaligus menangani kondisi ini jika terjadi hal-hal di luar kebiasaan. Ketika mulai mengalami sulit tidur dan perasaan cemas berlebihan, misalnya, bisa disiasati dengan berolahraga rutin dan dengan durasi yang cukup.

Pola makan yang baik dan benar juga dapat membantu tubuh merasa lebih nyaman sehingga tak ada salahnya mengatur menu makan dengan lebih tepat. Banyak orang yang tidak memahami apa yang sedang terjadi dengan dirinya. Ketika mengalami ketidaknyamanan, dia harus tahu atao yang salah agar bisa mulakukan suatu tindakan.

KETIKA sudah tahu apa yang terjadi dengan tubuh sendiri dan informasi yang dimiliki cukup memadai, komumkasikan dengan orang sekitar, terutama keluarga. Gangguan hormonal dapat menyebabkan tekanan pada orang tersebut dan disadari atau tidak juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada orang sekitar. Menjadi sering mengeluh dan mudjn tersinggung, misalnya, bisa menimbulkan konflik dari suasana tidak nyaman.

Mengomunikasikan dengan netral, tidak perlu menutup-nutupi hal tersebut terutama dari suami dan anak-anak, bahwa diri sedang memasuki tahap menopause. Atau, bersikap seolah itu hanyalah hal sepelu Intinya, tak perlu menanggapi berlebihan, tetapi juga jangan dianggap tidak terjadi. Berusaha untuk tetap menjalin komunikasi dengan baik adalah cara untuk menyiasati situasi yang tidak nyaman. Ada baiknya bersikap "don't take it too personal".

"SETIAP orang butuh jangkar dalam hidup. Tubuh adalah jangkar. Itu sebabnya ada pepatah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ketika tubuh mengalami perubahan, jiwa seseorang pun turut terpengaruh. Pada perempuan yang sedang mengalami menopause, dengan berbagai gejala dan keluhan yang dialaminya, bukan tidak mungkin akhirnya menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Jangkar yang kedua dalam hidup setiap orang adalah keluarga. Keluarga menjadi support System yang dapat membantu memberi energi positif. Dalam kondisi ini, dukungan dari keluarga akan memberi rasa kenyamanan lebih bagi perempuan yang sedang memasuki masa menopause. "Bersikap mengerti bahwa dia sedang mengalami ketidaknyamanan. Itu gara-gara gangguan hormonalnya, bukan kepribadiannya yang terubah."

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit