Rabu, 19 Februari 2014

PENGERTIAN DANGAU

Sebuah pondok yang didirikan di dekat ladang yang sedang dikerjakan keluarga-keluarga suku Dayak di Kalimantan. Dangau terletak di tempat yang subur dan cocok untuk berladang, tetapi kadang, kadang sangat jauh dari desa asal. Dangau dihuni oleh ayah, ibu dan anak-anak selama masa mengerjakan ladang. Selama masa itu, rumah mereka di desa terkunci. Karena itu, selama masa pengerjaan ladang ini, desa umumnya sepi. Sesudah selesai masa panen, dan pada waktu ada upacara, keluarga kembali ke desa. Pada saat itu, rumah di desa akan penuh dan ramai. Rumah-rumah permanen di desa tersebut dinamakan lewu.

Dalam antropologi, keluarga inti yang tinggal di dangau itu disebut "keluarga dangau". Apabila anak-anak keluarga dangau menikah, ia akan memisahkan diri untuk membentuk keluarga dangaunya sendiri. Kadang-kadang pasangan yang baru kawin untuk sementara harus tinggal pada keluarga dangau salah satu pihak. Selama itu, ada kewajiban melayani mertua dan pada masa itu pulalah mereka memperoleh bimbingan. Bila masa layanan sudah selesai, pasangan tersebut akan pergi tanpa berhak membawa barang apapun dari keluarga dangau yang ditumpanginya.

Adakalanya sejumlah keluarga dangau dari salah satu lingkungan keluarga lewu dipindahkan lagi ke tempat baru yang lebih subur. Pengaturan penggunaan hak atas tanah ladang itu diatur oleh lewu, sebagai kesatuan kekerabatan yang lebih luas. Pemimpin lewu adalah pendiri pertama lewu tersebut. Selain anggota keluarga batih, seorang ibu yang telah menjanda atau orang yang telah tua dapat pula ikut tinggal dalam dangau anaknya, untuk menghabiskan sisa hidupnya.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit