Selasa, 18 Februari 2014

PENGERTIAN DANDA

Suatu bentuk pemberian ganti rugi sebagai suatu hukuman adat orang Dayak Ma'anyan di Kalimantan Tengah. Maksud pembayaran ganti kerugian ini adalah untuk mengembalikan keseimbangan alam dan ketenangan masyarakat, yang telah dikacaukan oleh kejahatan-kejahatan yang dilakukan warga masyarakat.
Pembayaran danda dapat berupa uang, dapat pula berupa benda lain seperti barang antik. Ada pula pelanggaran adat yang harus dibayar dengan upacara yang berbentuk sajian binatang kepada dewa. Upacara ini dimaksudkan untuk memohon agar dewa tidak marah lagi dan segera memulihkan keseimbangan alam. Danda berupa upacara ini dikenakan pada orang yang telah melakukan kejahatan yang tergolong berat, misalnya pelanggaran pantang kawin, kawin sumbang, alam upacara seperti ini binatang yang dikorbankan sebagai sajian adalah seekor babi, sedangkan penawarnya adalah darah babi yang dipercik-percikkan ke sekeliling desa.

Danda dijatuhkan oleh suatu sidang dewan orang tua yang dipimpin oleh pangulu, yaitu orang yang ahli dalam soal adat. Keputusan hukum adat harus ditaati. Orang yang tidak mengikuti keputusan hukum adat tidak lagi berada dalam perlindungan adat dan akan dikucilkan oleh masyarakata.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit