Selasa, 18 Februari 2014

PENGERTIAN DANAU

Cekungan besar penampung air pada permukaan bumi. Air di dalamnya bisa diperoleh dari air sungai, mata air bawah tanah, dan air hujan, atau kombinasi ketiganya. Cekungan penampung air bisa terbentuk secara alami atau pun dibuat dengan sengaja. Danau buatan yang disebut waduk, biasanya dibuat dengan tujuan khusus. Di beberapa tempat di Indonesia, istilah situ, telaga, dan ranu juga dipakai untuk menyebut suatu danau, misalnya Situ Lembang, Telaga Sarangan, dan Ranu Pani. Laut Mati, Laut Kaspia, dan Laut Galilea, sebetulnya danau, tetapi karena luas tampak seperti laut dan biasa disebut laut.

Terbentuknya Danau. Danau terbentuk dengan berbagai cara. Sebagian besar, terutama di daerah beriklim empat musim, danau terbentuk karena mencairnya gletser yang terkumpul di suatu lembah. Misalnya Danau Michigan dan Danau Superior di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Air hujan yang terkumpul pada kepundan-kepundan gunung berapi yang tidak aktif lagi bisa juga membentuk sebuah danau. Di Indonesia banyak danau yang terbentuk melalui proses ini, termasuk diantaranya Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Danau Kawah Ijen di Gunung Ijen, dan Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu. Merosotnya suatu bagian dari gunung berapi akibat meletusnya gunung tersebut hingga membentuk suatu cekungan yang menampung air dapat juga membentuk sebuah danau. Danau Toba dan Danau Ranau, misalnya, termasuk jenis ini.

Di daerah yang bertanah kapur danau terbentuk dengan cara lain, air hujan melarutkan sedikit demi sedikit kapur di daerah itu hingga timbul cekungan besar yang menjadi penampung air. Proses ini dapat pula membentuk aliran sungai bawah tanah yang mengalirkan air hujan, dan kadang-kadang membentuk gua. Bilamana gua bawah tanah ini runtuh, terbentuklah suatu cekungan seperti lubang pelimbahan yang kemudian sedikit demi sedikit terisi air hingga membentuk sebuah danau. Danau jenis ini umumnya kecil dan berair sangat jernih.

Waduk, atau danau buatan, sengaja diciptakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Air yang terkumpul dalam danau jenis ini umumnya digunakan sebagai sumber tenaga penggerak pembangkit tenaga listrik, sebagai simpanan untuk mengairi lahan-lahan pertanian, perikanan, dan bahkan untuk objek pariwisata. Di Indonesia banyak danau buatan semacam ini, antara lain Waduk Karangkates, Waduk Selorejo, Waduk Jatiluhur, dan Waduk Riam Kanan.

Manfaat Danau. Adanya danau dalam suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap lingkungan di sekelilingnya, terutama suhu. Selama musim panas, suhu di danau dan daerah di sekitarnya tidak sepanas daerah lainnya, karena pengaruh udara yang menjadi dingin ketika melintas di atasnya. Lingkungan yang nyaman dan sejuk di sekitar danau, menarik minat banyak orang Untuk bersantai sambil memancing, berenang, dan berperahu.

Indonesia memiliki banyak danau. Di Flores terdapat tiga buah danau yang istimewa, karena masing- masing berbeda warna. Ketiga danau itu masing-masing menempati kepundan Gunung Kelimutu (1.690 meter). Nama ketiga danau tersebut Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) berwarna hijau kebiru-biruan, Tiwu Nua Muri Kooh Fai (Danau Pemuda dan Gadis) berwarna hijau keruh, dan Tiwu Ata Polo (Danau Setan) berwarna merah. Danau lain di Indonesia yang / juga dikenal banyak orang adalah Danau Toba di Sumatra Utara.

DANAU KERINCI sebuah kecamatan di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Luasnya 768 kilometer persegi dengan penduduk 39.000 jiwa.
DANAU PANGGANG sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Propinsi Kalimantan Selatan. Luasnya 267,12 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 20.000 jiwa, tersebar di 23 desa.
DANAU RANCA suaka alam di daerah Serang, Propinsi Jawa Barat. Luasnya 2.500 hektar. Di tempat ini dikembangkan pembibitan tetumbuhan tertentu.
DANAU SEMBULUH sebuah kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Propinsi Kalimantan Tengah. Jumlah penduduknya 6.000 jiwa.
DANAU TELUK sebuah kecamatan di Kota Madia Jambi, Propinsi Jambi. Luasnya 14,95 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 11.000 jiwa.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit