Selasa, 25 Februari 2014

PENGERTIAN EKSKAVATOR

Dalam kedokteran gigi ialah alat pembersih gigi yang mengalami karies. Alat ini ber­fungsi memotong bagian-bagian gigi yang melembek karena infeksi, dan kemudian mengeluarkannya dari lekukan lubang karies. Karena itu ekskavator mem­punyai bagian ujung yang tajam dan berfungsi seba­gai alat pemotong. Bentuk bagian ujungnya da^at me­lingkar oval, atau cekung seperti sendok. Alat ini ti­dak digerakkan dengan mesin, melainkan mengguna­kan tangan.
Dalam rekayasa mekanik, ekskavator merupakan alat berat yang dilengkapi dengan timba dan diguna­kan untuk menggali tanah serta batu. Sebagian besar ekskavator pada dasarnya merupakan modifikasi dari sebuah derek. Bila dimodifikasi untuk penggalian, alat ini merupakan derek yang alat tambangnya adalah penggali. Ada empat macam ekskavator, yaitu rantai keruk {dragline), cangkram {clamshell), sekop berte­naga {power shovel), dan cangkul balik {backhoe).

Rantai Keruk dilengkapi sebuah lengan derek yang panjang, dua kabel penarik, dan sebuah timba yang dirancang untuk penggalian-penggalian horizontal. Timba ini dilemparkan atau dimasukkan ke dalam daerah galian, sedangkan kabel-kabel menarik timba ke arah mesin. Karena berat dan bentuknya, timba ini dapat mengisi sendiri. Pengisian dan pengangkatan timba dilakukan oleh kedua kabel yang digerakkan oleh mesin, begitu pula pengosongan di tempat pem­buangan. Alat ini cocok untuk penggalian di daerah- daerah yang basah dan berlumpur tempat pencakar {scraper) dan buldoser tidak dapat bekerja.

Cangkram adalah ekskavator yang menggunakan lengan derek dan sebuah timba berbentuk kulit ke­rang. Penggalian dengan kulit kerang bukanlah ope­rasi yang menggunakan tenaga gerak, sebab cangkram diisi hanya karena beratnya dan cengkeraman penje- pitnya selama alat ini tertutup. Oleh karena itu, cang­kram adalah alat terbaik untuk penggalian bahan- bahan yang lunak. Alat ini mampu menggali lebih da­lam dan mengangkat bahan lebih tinggi daripada ekskavator-ekskavator jenis lainnya.

Sekop Bertenaga adalah ekskavator yang menggu­nakan sebuah lengan pendek berat dan sebuah batang pencedok yang terletak pada sebuah timba penggali. Timba ini diisi dengan sebuah gerakan ke muka dan ke atas, dan dikosongkan dengan membuka bagian bawahnya. Sekop bertenaga merupakan ekskavator yang paling efisien untuk penggalian-penggalian ke­ras atau berat di daerah-daerah yang sempit.

Cangkul Balik adalah sebuah mesin yang berlengan pendek dengan timba pembalik pada ujung tangkai­nya. Timba ini diisi dengan menekannya ke bawah dan menarik ke arah mesin. Cangkul balik dikosongkan dengan mengangkat dan mengulurkannya, dan kemu­dian menjatuhkannya melalui sisi terbuka. Mesin cangkul balik umumnya lebih kecil dan lebih ringan daripada mesin rantai keruk atau sekop bertenaga.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit