Selasa, 25 Februari 2014

PENGERTIAN EKSODUS

Dari kata Yunani exodos yang berarti jalan ke luar, buku kedua dari kitab Perjanjian La­ma dan buku kedua dari Taurat, atau Pentateuch, ke­lima buku pertama dalam kitab suci Yahudi. Buku ini berkaitan dengan kisah perbudakan orang Israel di Mesir dan pembebasan mereka dari Mesir pada abad ke-I3 SM di bawah pimpinan Nabi Musa ke tanah yang dijanjikan. Melalui eksodus, orang Israel meng­ubah statusnya dari budak menjadi bangsa yang ber­daulat.

Ada dua tema besar dan satu tema kecil dalam ki­tab Eksodus. Tema besar pertama mengisahkan per­jalanan keluar itu sendiri, yaitu pembebasan Israel dari perbudakan di Mesir. Tema besar kedua berkaitan dengan kejadian di Gunung Sinai, khususnya perjan­jian antara Tuhan dan bangsa Israel dengan diturun­kannya Sepuluh Perintah Allah. Tema kecilnya ber­isikan pengembaraan bangsa Israel di gurun dan alam liar yang disisipkan di antara kedua tema besar.

Buku Eksodus berkisah lebih jauh mengenai ma­syarakat yang memelihara dan membentuk tradisi, ter­masuk penulis-penulis dokumen, dan kemudian ten­tang kejadian itu sendiri. Buku ini adalah bagian ba­hasa agama Israel. Sejarahnya dianggap sebagai se­jarah kudus dengan Tuhan sebagai topik utamanya. Perjanjian merupakan pengertian bangsa Israel sen­diri. Bagi bangsa Israel perjanjian itu wahyu Tuhan dan atas kehendakNya Israel dinyatakan sebagai Orang-orang Terpilih. Setiap tahunnya, kepercayaan semacam ini diperkuat oleh bangsa Yahudi selama Ha­ri Raya Pesach, perayaan Paskah kaum Yahudi. Pa­da perayaan ini, kisah Eksodus diceritakan kembali dan diinterpretasikan kembali untuk setiap generasi secara turun-temurun.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit