Selasa, 18 Februari 2014

PENGERTIAN PT (PESERO) DANAREKSA

Suatu Badan Usaha Milik Negara yang didirikan berdasarkan Peraturan-Pemerintah No. 25 tahun 1976 dengan tugas pokok mempercepat proses pengikutsertaan masyarakat dalam pemilikan saham perusahaan, serta meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam pengerahan dana dengan jalan membeli efek-efek perusahaan dan menjual sertifikat. Kegiatan utama Danareksa adalah:

(1) membeli dan memecah saham perusahaan lain dari pecahan besar menjadi pecahan kecil untuk dijual kepada masyarakat dalam bentuk sertifikat saham;
(2) mengeluarkan sertifikat perusahaan sendiri (Sertifikat g PT Danareksa) kepada masyarakat.
Sebagai perusahaan yang ditugasi menggiatkan pasar modal di Indonesia, Danareksa memainkan peranan aktif sebagai stabilisator untuk mencegah fluktuasi harga saham dan obligasi yang berlebihan. Untuk memenuhi fungsi ini Danareksa menerbitkan sertifikat-sertifikat dalam tiga kategori, yakni Sertifikat Umum PT Danareksa^ terdiri atas seri A, B, dan C; Sertifikat Unit Pendapatan PT Danareksa, terdiri atas seri I, II, dan III; dan Sertifikat Saham.
Sertifikat Umum PT Danareksa adalah saham berbagai perusahaan publik yang dibeli oleh Danareksa untuk dijual lagi kepada masyarakat dalam pecahan kecil, atas risiko Danareksa; Sertifikat Unit Pendapatan PT Danareksa adalah obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan publik yang dijual oleh PT Danareksa sebagai penjamin emisi; Sertifikat Saham adalah saham perusahaan-perusahaan publik milik Danareksa yang ditawarkan pada publik. Dalam tahun 1987 ada tiga jenis sertifikat saham perusahaan yang dimiliki Danareksa, yaitu PT Semen Cibinong, PT Unilever Indonesia, dan PT BAT Indonesia.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit