Sabtu, 17 Mei 2014

TIPS MEMBERIKAN NASEHAT PADA ANAK

Melalui nasehat, orangtua dan para pendidik berusaha memberi­kan saran-saran percobaan untuk memecahkan masalah sejauh ke­mampuan dan keahlian. Orangtua dan para pendidik dinilai oleh anak sebagai orang yang sudah mempunyai banyak pengalaman. Pengalaman hidup merupakan guru yang baik bagi kaum muda. Na­mun perlu diperhatikan bahwa cara memberikan nasehat lebih penting ketimbang isinya. Banyak nasehat yang baik tidak dide­ngarkan karena cara memberikannya tidak tepat.
Dalam memberikan nasehat, hindarilah sikap menggurui dan sikap membanggakan pengalaman masa lampau. Pengalaman masa lampau bisa saja tidak cocok lagi dengan situasi saat sekarang. Peng­alaman masa lampau sebaiknya dipakai hanya sebagai cermin saja tetapi tidak seluruhnya diterapkan untuk anak-anak saat sekarang.
Supaya nasehat bisa berhasil maka perlu diciptakan hubungan harmonis dengan anak. Orangtua dan anak saling percaya dan saling menghormati. Kalau anak tidak bertanya tentang masalahnya maka orangtualah yang mendekati anak dan mulai memancing. Sementara itu orangtua harus bersedia menerima bahwa kadangkala nasehat- nya tidak dituruti oleh anak. Dan jangan lupa, berhematlah dalam memberikan nasehat. Nasehat yang berkepanjangan sangat mem­bosankan anak.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit