Senin, 12 Mei 2014

TIPS MENGAJAK ANAK UNTUK MAU BELAJAR

Kepandaian tidak dapat dibandingkan dan tidak boleh disamakan dengan ke­pandaian.Masing-masing anak diperlakukan sesuai dengan bakatnya sendiri. Nilai rapor seorang anak diterima seperti apa adanya. Tidak tepat anak dibentak oleh orangtua karena anak men­dapat nilai jelek. Kepada anak yang mendapat nilai jelek sebaiknya diberi rangsangan untuk lebih lagi giat belajar.
Sejak kecil diusahakan agar anak memiliki banyak rangsangan untuk belajar. Permainan-permainan yang merangsang kreativitas perlu dimiliki oleh anak. Orangtua jangan meremehkan pertanya­an-pertanyaan dari seorang anak kecil yang barangkali di mata orang dewasa kelihatannya konyol. Situasi keluarga diciptakan sedemikian rupa sehingga memungkinkan suasana belajar. Orangtua
harus mampu memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada anak. Orangtua dapat mendampingi anak dalam menyelesaikan Peker­jaan Rumah (PR) tanpa sendiri menyelesaikan PR tersebut. Orang- tua dapat mengamati kecepatan belajar dari anak. Beberapa anak termasuk tipe visual yang mudah belajar kalau dibantu dengan tu­lisan tangannya sendiri. Beberapa anak lain termasuk tipe auditif yang cepat belajar kalau dibantu dengan membaca pelajaran de­ngan suara nyaring.
Kiranya orangtua tidak mendewa-dewakan nilai rapor anaknya. Nilai rapor memang sedikit memberikan gambaran tentang kepan­daian anak tetapi bukanlah segala-galanya. Nilai rapor sangat di­tentukan pula oleh mentalitas, kepandaian dan sifat guru di sekolah. Guru adalah manusia biasa yang mempunyai simpati dan antipati. Orangtua tidak boleh menuntut terlalu banyak dari guru. Apalagi kepandaian di sekolah hanya merupakan salah satu aspek dari ke­seluruhan pendidikan.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit