Minggu, 01 Juli 2012

DEFINISI - ARTI - PENGERTIAN ANNALES SCHOOL / ALIRAN ANNALES

"Aliran" historiografi ini, jika memang boleh dinamakan aliran, mungkin berhak mengklaim sebagai pemberi kontribusi penulisan sejarah yang paling unik di abad ke-20. Asal usulnya biasanya dilacak hingga kependirian Reuue de synthdse historique oleh Henri Berr pada 1900. Ia berdiri sebagai bentuk ketidaksukaan, dan bahkan protes terhadap, keyakinan idiografis yang mendominasi historiografi Eropa sejak "revolusi" Rankean-ajakan untuk menulis sejarah secara empiris "sebagaimana ia terjadi," yang didasarkan pada sumber-sumber primer. Sejarah idiografis kemudian dilembagakan di Perancis di Sorbonne dan di Revue historique (didirikan pada 1870-an). Beberapa tahun kemudian, yakni pada 1,953, Lucien Febvre menyatakan bahwa historiografi Perancis, seperti dicontohkan oleh figur seperti Gabriel Monod dan Emile Bourgeois, adalah "sejarah yang ditulis oleh orang-orang yang kalah pada'1870." Dia berpendapat bahwa penekanan mereka pada sejarah diplomatik ditopang oleh semacam sub-teks yang terbaca: "Ab, seandainya kita mempelajarinya secara lebih cermat, kita tidak akan menjadi seperti sekarang ini" (Febvre, 1953, h. viii). Itu bukan berarti ada keberatan terhadap pencarian data empiris yang disebut sumber primer. Yang dimaksudkan adalah ada pemahaman bahwa tidak ada sejarah yang layak ditulis yang tidak "5in1g1ls"- seperti tersirat dalam nama jurnal Berr tersebut. Atau seperti dirumuskan Febvre, seseorang harus mempraktikkan sebuah bistoire pens1e yang disusun di seputar histoire-probl1me yang berbeda dengan melakukan histoire historisante. Henri Berr berusaha membongkar batasan sempit dari "disiplin" dengan membuka jurnalnya pada "disiplin" lain, terutama ilmu sosial. Tradisi ini diperba- rui, ditekankan ulang, dan diperdalam pada 1.929 ketika Lucien Febvre dan Marc Bloch bekerja sama mendirikan jurnal yang menjadi nama aliran ini. Ada dua hal yang patut dicatat mengenai jurnal ini. Pertama adalah namanya. Ia dinamakan Annales d'histoire 1conomique et sociale, yang merupakan terjemahan langsung (dan penuh pertimbangan) dari judul ulasan Jerman yang melahirkan aliran sejarah "institusional" Schmoller, Vierteljahrschrift filr Sozial-und .Wirtschaftsgescbichte. (Lihat jugn MElHonENSrRErr). Judul itu bukan hanya alat identifikasi dengan anti-idiografi di Jerman; ia juga merupakan sebuah program. Dikatakan bahwa jurnal itu akan menekankan pada ilmu ekonomi dan sosial, secara implisit karena mereka lebih lama, lebih penting dan lebih fundamental ketimbang aspek politik dan diplomatik yang merupakan fokus normal dari kebanyakan penulisan sejarah. Hal kedua yang perlu dicatat adalah lokusnya, penulisnya dan pembacanya. Jurnal ini bukan berada di Paris, tetapi di Strasbourg tempat di mana Febvre dan Bloch mengajar. Ini adalah perlambang dari marginalitas institusional mereka, yang terus berlanjut walaupun Febvre diangkat menjadi pengajar di Coll6ge de France dan Bloch di Sorbonne. Jumlah pelanggannya sedikit, hanya beberapa ratus orang. Tetapi penulis dan pembacanya sejak awal juga berasal dari luar negeri, dan tema jurnal ini pun bersifat internasional. Secara khusus ada hubungan kuat dengan Italia dan Spanyol. Setelah Perang Dunia II, pengaruh gerakan Annales berkembang pesat, dengan ekspansi institusional yang penting. Bloch dibunuh oleh Nazi, tetapi Febvre terus memimpin gerakan ini sampai dia meninggal pada-J.956. Febvre memilih rekan sejarawan muda, Fernand Braudel, yang kelak disebut sebagai "generasi kedua" dari gerakan Annales. Febvre banyak memuji karya besar Brauded, yang diterbitkan pada 1949, La Mdditerran,le et Ie monde mdditerran1en 6 I'epoque de Phillipe lI. Dia memproklamasikannya sebagai "citra sejarah", bentuk tulisan yang diharapkan oleh Annales, yang menandai "terbitnya era baru" (Febvre, 1950,h.224). 'Walaupun Braudel menolak diangkat menjadi pengaiar di Sorbonne, dia, seperti Febvre, mau mengajar di College de France, yang dalam sistem universitas Perancis merupakan perguruan tinggi yang terhormat tetapi tidak kuat secara politik. Febvre dan Braudel menciptakan basis kekuatan alternatif, dan dengan bantuan dari pensiunan pegawai negeri Gaston Berger, mereka mampu mengimplementasikan ide yang muncul pada 1'870-an, mendirikan VIe Section (untuk ilmu ekonomi dan sosial) pada tahun 1'947 di Ecole Pratique des Hautes Etudes. Ecole adalah institusi yang unik, diciptakan pada abad ke-19 untuk memberi "pendidikan orang dewasa" di luar sistem universitas. Tetapi dengan cepat Febvre dan Braudel mampu mengubah VIe Section menjadi tempat riset dan studi akademis yang kuat di bidang sejarah datr ilmu sosial. Jurnalnya juga direvitalisasi pada L946 dengan nama baru, Annales: Economies, Soci2tes, Ciuilisations. Adalah Braudel yang mengembangkan secara eksplisit dan teoretis pandangan gerakan Annales tentang konstruksi sosial dari waktu dan temporalitas. Dia membagi bukunya tentang sejarah Mediterania menjadi tiga bagian yang berhubungan dengan apa yang dia anggap sebagai tiga waktu sosial, yakni structure, conjuncture, dan 1udnement Dalam edisi revisi The Mediterranean, dia mengemukakan tantangan dad boutade-nya yang terkenal: "Peristiwa adalah debu" (Braudel, 1,982 (1.996), vol. 2, h. 223). Pada 1958 dia memublikasikan apa yang mungkin merupakan kajian teoretis terpenting dari gerakan Annales, "History and the social sciences". Dalam artikel inilah ditunjukkan tema besar ketiga yang membedakan gerakan Annales dengan gerakan lainnya. selain "sintesis" dan "sejarah ekonomi dan sosial"' juga ada penekanan pada longue dur6e, masa struktur kehidupan sosial yang bergerak lambat. Tetapi Brauilel berhati-hati dalam esai ini dengan menyatakan bahwa longue durde bukan abadi dan universal takberubah. Dia menyebut waktu ini "sangatlongue durde" dan mengatakan: "Jika iaeksis, [waktu ini] hanya dapat dijumpai di masa orang bijaksana ..." (Braudel,1es8). Tiba-tiba, yakni di antara 1945 dan' 1970, epos generasi kedua, gerakan Annales beralih dari gerakan pinggiran kepusat dan bukan hanya di Perancis. Pada saat itu VIe Section mengangkat Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales pada 1975, menjadikannya lebih prestisius di lingkungan universitas di Paris. Annales E.S.C. menjadi salah satu jurnal akademis utama di dunia. Tampaknya hampir semua orang, atau setidaknya banyak sarjana, menganggap diri mereka masuk gerakan Annales. (Untuk analisis fenomena ini, lihat edisi spesial Reuiew, 1978, yang juga memuat artikel yang rnenjelaskan mengapa Inggris menunjukkan penerimaan pula.) Gerakan ini juga rrulai memengaruhi daerah yang dulu nenentangnya-Amerika Serikat, Jerman, J,an akhirnya USSR. (Selama bertahun-ta.un, pandangan resmi Soviet adalah meno,ek gerakan Annales. Tetapi, ada banyak raum Annalistesyang sembunyi-sembunyi j USSR. Baru pada 1989, dengan datangrra ghsnof, Institute of Universal History :c A;ademy Sciences dapat mensponsori seminar internasional tentang " Les Annales-h ier et auj our d' hui" ). Pada '1.972, Braudel pensiun baik sebagai ediror Annales E.S.C. dan sebagai presiden VIe Section, dan digantikan oleh "generasi ketiga". Tahun 1970 menandai peluncuran resmi pendirian institusional terakhir dari gerakan Annales' Maison des Sciences de l'Homme, dan di sini Braudel menjadi administratornya sampai dia meninggal pada L985. Maison memiliki raison d'etre kolaborasi intelektual sarjana Perancis dengan sarjana lain di dunia, dalam rangka mencari sintesis yang telah mengilhami Henri Berr Pada 1900. Kejadian 1968 membuka horizon intelektual baru di mana-mana. Di beberapa belahan dunia, kejadian itu membuat sarjana (dan mahasiswa) untuk pertama kalinya menerima Annales uia media, berjuang melawan sejarah IotocRRpstc dan universalisasi ilmu sosial. Di sisi lain, di tempat di mana Annales sudah memberi pengaruh kuat, para cendekiawan sedang memasuki era "post-Marxis", dan karenanya mereka agak curiga pada penekanan sejarah ekonomi oleh "generasi kedua". "Generasi ketiga" mengalihkan penekanannya dari sejarah ekonomi ke sejarah sosial (bahkan dalam kultur politik yang muncul kemudian). Ini melahirkan perhatian pada mentalit,ls, perluasan riset empiris pada berbagai ragam fenomena sosiokultural, dan munculnya kerja sama dengan antropolog yang sedang memberi perhatian pada ruang simbolis. Gerakan Annales "generasi ketiga" menggunakan semangat "inklusivitas" dalam mempelajari setiap realitas sosial, yang merupakan bagian dari etos Annales sejak awal. Generasi ketiga menggunakan ilmu sosial untuk mengembangkan ilmu ekonomi dengan cara yang sama seperti generasi sebelumnya yang menggunakan ilmu ekonomi untuk memperluas ilmu politik. '$7alau tampak jelas bahwa mereka makin "inklusif", namun belum jelas apakah mereka sudah lebih holistik dan " sintetis ". Generasi ketiga berusaha mengembalikan arti penting arena politik dengan menganggapnya sebagai bagian sentral dari mentalitds. Untuk itu, mereka harus mempertimbangkan "kejadian", meski kejadian itu di dalam bentuk kejadian simbolis. Setelah "generasi ketiga" makin menduduki banyak tempat di dunia ilmu pengetahuan-yakni makin banyak jumlahnya dan makin memerhatikan isu-isu empiris- mereka secara tak terelakkan mulai kehilangan sense sebagai sebuah gerakan. Kebanyakan Annalistes dewasa ini menolak sebutan "aliran Annales". Lalu apakah ada spirit Annales yang masih tersisa? Tampaknya masih, dalam pengertian bahwa aspek ekstrem dari narasi idiografis dan generalisasi ahistoris masih ditolak. Yang bisa dikatakan adalah bahwa jika bagi generasi pertama dan kedua, uia media adalah jalan sempit di antara dua aliran Scylla dan Charybdis yang sangat jahat, bagi generasiketiga uia media menjadi ialan layang antara dua posisi ekstrem yang mulai pudar. Ini adalah perbedaan antara citra diri sebagai David versus Goliath dan pemahaman bahwa apa yang dilakukan seseorang adalah tidak normal dan pantas, tetapi dianggap normal dan pantas.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 99 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2021

Back to TOP  

submit to reddit