Kamis, 18 Juli 2013

CARA SEDERHANA MERAIH KEBAHAGIAAN

Apa yang Anda bayangkan dapat membuat seseorang bahagia? Kekayaan, kesuksesan, negara yang makmur, ataukah kehidupan yang teratur? Jajak pendapat global yang dilakukan lembaga riset Gallup mengungkap hal-hal tersebut tidak berbanding lurus dengan emosi positif seseorang.

Hasil penelitian yang disiarkan pada Desember 2012 tersebut memaparkan bahwa penduduk negara- negara yang kita anggap maju, seperti Singapura, Jerman, Perancis, atau Jepang tidak lebih bahagia dibandingkan negara-negara berkembang, seperti Panama, Paraguay, El Savador, Venezuela, Ekuador, atau Kosta Rika.
Jadi, apa yang membuat orang bahagia? Seperti dilansir National Geographic, beberapa psikolog melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan ini. Mereka menanyakan, "Dalam skala satu hingga sepuluh, seberapa bahagiakah Anda?" Mereka lantas menemukan bahwa orang-orang yang berbahagia sering kali adalah mereka yang menerima cinta dengan leluasa, memiliki teman berbagi, mempunyai tujuan, dan berbagi keyakinan mereka dengan orang lain.

Kabar baiknya, kebahagiaan merupakan keterampilan yang bisa dilatih. Kebahagiaan, seperti emosi yang lain, diciptakan di otak. Profesor psikiatri dan psikologi Universitas Wisconsin Richard Davidson menyatakan bahwa' pikiran dapat mengubah cara kerja otak. Riset yang dilakukannya dengan melatih sekelompok sukarelawan untuk bermeditasi serta memusatkan pikiran pada rasa welas asih dan kebaikan membuktikan hal ini. Seiring berjalannya latihan, data rekam EEG (electroencephalo-gram) memperlihatkan aktivitas pada bagian kebahagiaan di otak terus meningkat.

Ilmuwan berpendapat ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda menjadi lebih bahagia. Olah raga yang diketahui membantu melepaskan zat kimiawi yang menyebabkan Anda merasa senang adalah salah satunya. Menghabiskan waktu dengan orang lain pun penting untuk menguatkan hubungan Anda.

Rasa syukur juga dapat meningkatkan kebahagiaan. Anda bisa latihan bersyukur dengan menuliskan hal baik yang terjadi dalam hidup Anda setiap hari. Tetapkan pula tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Lalu, kenali kelebihan Anda dan gunakan itu untuk mencapai tujuan.

Nah, mulai sekarang Anda bisa berlatih meningkatkan keterampilan untuk bahagia dan merasakan lebih banyak emosi positif dalam hidup Anda.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit