Kamis, 22 Agustus 2013

BUDAYA KERJA – AKAR SUKSES KOREA SELATAN

Angka ini bisa menjadi begitu tinggi karena membanjirnya produk Korsel di seluruh dunia. Dari barang elektronik hingga produk budaya seperti film dan musik, kini menjadi tren dunia baru. Namun, semuanya itu tentunya tidak diraih dalam sekejap, butuh proses panjang dan pendidikan berlapis dari setiap warga negaranya. Kita mungkin bisa mengikuti budaya mereka dalam bekerja. Berikut ini sikap orang Korsel yang bisa dicontoh.

Orang Korsel terbiasa melakukan banyak pekerjaan dalam satu hari. Karena itu, semuanya harus dilakukan dengan cepat karena masih ada pekerjaan lainnya. Justru ini berbanding terbalik dengan orang Indonesia. Kebanyakan dari kita masih memegang teguh prinsip, "Masih ada hari esok." Hal ini membuat kecepatan bekerja melambat, akhirnya kerjaan menumpuk. Orang Korsel memiliki semangat Bbalri-bbalri atau cepat- cepat untuk segera menyelesaikan pekerjaan mereka.

Selain itu, orang Korsel terbiasa fokus dalam bekerja. Bila datang waktu kerja, mereka akan melakukannya dengan totalitas tinggi. Sedangkan saat waktu libur, mereka akan memanfaatkan libur itu dengan sungguh- sungguh. Hal ini untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Liburan juga penting untuk memulihkan kembali semangat dan gairah bekerja. Orang Korsel terbiasa bekerja 14-18 jam sehari, 94-126 jam seminggu. Hal ini tidak masalah karena bagi mereka waktu tidak hanya uang atau emas, tetapi juga kehidupan itu sendiri.

Totalitas bekerja pun pada akhirnya terlihat pada produknya. Sebut saja ponsel merek Samsung yang kini bersaing ketat dengan Apple. Belum lagi sinetron Korea yang memiliki kekuatan cerita yang menarik. Bandingkan dengan sinetron Indonesia, Anda sendiri dapat menjawabnya.

Orang Korsel juga terkenal dengan disiplin tinggi sama seperti orang Jepang. Salah satu disiplin yang ditanamkan adalah dalam pendidikan. Tahukah Anda kalau Korsel adalah negara dengan populasi penduduk bergelar doktor dan profesor tertinggi di dunia? Hasilnya, pendidikan mereka bisa maju pesat. Mereka percaya pendidikan adalah dasar dari kemajuan sebuah bangsa.

Title Post:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author:

Terimakasih sudah berkunjung di blog SELAPUTS, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

ad8d337c32e240c9ae465ea741f05202 submit to reddit